Selasa, 25 Desember 2007

Belajar Matematika menggunakan Media alat peraga

Belajar matematika selalu dipandang sebagai momok dalam suatu pembelajaran. Itu dikarenakan dalam suatu pembelajaran matematika selalu berkecimpung pada sesuatu yang abstrak. Oke…! Sekarang kita lanjut pada pembahasannya. Apa itu alat peraga? Disini akan dibahas satu persatu secara detail.

  1. Alat peraga

a. Pengertian alat peraga

Menurut Estiningsih (1994) alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan cirri-ciri dari konsep yang dipelajari.

b. Fungsi alat peraga

Fungsi utama dari alat peraga adalah untuk menurunkan keabstrakan dari konsep, agar siswa mampu menangkap arti sebenarnya konsep tersebut. Dengan melihat, meraba, dan memanipulasi obyek/alat peraga maka siswa mempunyai pengalaman-pengalaman dalam kehidupan sehari-hari tentang ati dari suatu konsep. Berikut ini diberikan beberapa contoh dari alat peraga.

  1. Papan tulis, buku tulis, dan daun pintu yang berbentuk persegi panjang dapat berfungsi sebagai alat peraga pada saat guru menerangkan sub bab bangun geometridatar persegi panjang.

  2. Pensil, kapur, lidi, biji-bijian dapat berfungsi sebagai alat peraga pada saat memperkenalkan bilangan kepada siswa, dengan cara membilang banyaknya anggota dari kelompok benda, sehingga pada akhir membilang akan ditemukan bilangan yang sesuai dengan kelompok benda tersebut.


  1. Sarana

    1. Pengertian dan fungsi sarana

Sarana juga merupakan media pembelajaran yang fungsi utamanya sebagai alat Bantu untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan sarana tersebut diharapkan dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar. Contoh media pembelajaran yang berupa sarana adalah : papan tulis, penggaris, jangka, klinometer, timbangan, LK(Lembar Kerja), LT ( Lembar Tugas ) dan alat-alat permainan.

Penjelasan telah dijelaskan, dan apabila ada kekurangan mohon di kasih kritik/saran demi memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Wassalam.

4 komentar:

dewi ghumaisha mengatakan...

bagus juga...
ditambah ya postinganya...

Unknown mengatakan...

sip....sip... keren abiez
terus berkarya

www.s1pgsd.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Bagus nih... mungkin lebih bagus lagi kalau ada contoh alat peraga tipa materi

blogger. kl.kristoforus dr@c. mengatakan...

MANTAP NI..
TOLONG LEBIH DETAIL...